Sabtu, 08 Februari 2014

Guidance for fresh graduate to get a job

Sudah lulus kuliah dan mulai melamar pekerjaan. Sederhana sih tinggal membuat surat lamaran dan riwayat hidup, kemudian kirim ke perusahaan yang dituju, tapi kadang ada saja kesulitan seperti tidak dipanggil-panggil walaupun sudah banyak perusahaan yang dikirim dan berkali-kali. Mungkin alasan perusahaan tidak memanggil karena belum ada posisi yang cocok karena fresh graduate, belum ada pengalaman. Jgn kecil hati ayo tetep semangat untuk dpt kerja. Mungkin beberapa point di bawah ini bisa membantu :

1. Buatlah CV atau curricullum vitae se menarik mungkin, informatif dan rapih. tidak lecek dan memperhatikan spasi, font dan paragraf nya.

2. Mulai dari data diri, riwayat pendidikan, prestasi, kemampuan, dan jangan ragu untuk menambahkan pekerjaan magang atau freelance yang pernah dikerjakan. Tapi apabila memang belum ada pengalaman bisa coba dengan prestasi dalam organisasi mungkin aktif dalam keanggotaan atau menjadi leader dalam organisasi tersebut. Kalau sudah pernah magang dan aktif dalam organisasi itu bisa jadi nilai plus ada kemauan untuk bekerja dan bekerja sama dalam team.

3. Jangan lupa memberikan profil singkat tentang diri sendiri, "saya seorang yang memiliki motivasi yang tinggi, saya anak ke 3 dari 4 bersaudara" atau contoh lain, its up to you. Jangan malu untuk menambahkan kelemahan diri sendiri, memang sedikit membahayakan untuk ini tapi setelah menulis tentang kelemahan diri jangan lupa untuk menambahkan usaha-usaha dalam upaya mengurangi kekurangan tersebut. Itu akan jadi nilai plus bahwa kamu orang yang jujur,  apa adanya dan ada keinginan untuk maju.

4. Hal lain yang perlu diperhatikan lagi adalah foto. Paling bagus adalah yang berwarna. Secara umum memang banyak yang pakai jenis pas foto hadap depan seukuran dada dan tanpa senyum. Kenapa tidak coba dengan foto senyum atau foto angle kiri atau kanan. Tapi dengan aturan tetap terlihat sopan, tetap menggunakan pakaian rapih dan bukan pakai kaus atau pakaian informal lainnya.

5. Apabila mengirim lewat pos dirasa tidak dapat diharapkan, bisa dicoba dengan email atau membuka akun di recruitment online. Itu akan lebih memudahkan. Setiap saat akan dikirimkan email berupa lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kuslifikasimu dan CV Dapat langsung dilihat oleh HRD perusahaan yang di apply. Dan juga dapat dipantau historical lamaranmu, seberapa besar kesempatan untuk dipanggil, apakah sudah diterima?dibaca? Dan akhirnya di shortlist.

6. Interview
Biasanya perusahaan akan diundang lewat telepon, email atau sms. Apabila sudah diundang dan datang ke perusahaan itu, maka ini waktunya menunjukkan diri kamu di hadapan HRD Perusahaaan tersebut. Mungkin pada saat datang, akan ada banyak kandidat lain selain kau, ada yg sesama fresh graduate atau yg sudah berpengalaman. Jangan keburu minder duluan ya, percaya diri dan coba saja berkenalan dengan mereka. Forget about their experience that can make you down. Ajak mereka ngobrol dan sharing pengalaman mereka akan semakin menambah pengetahuan kamu tentang gambaran dunia kerja dan kamu akab lebih bisa luwes dan percaya diri pada saat wawancara. Jangan lupa untuk browsing pengetahuanmu tentang job desc pekerjaan yang akan kamu lamar dan pengetahuan tentang perusahaan yang kamu datangi.

7. Psikotes, persiapkan dirimu untuk mengerjakan alat tes yang nanti akan kamu kerjakan. Biasanya terdapat 3-5.alat tes yg disuguhkan, terdiri dari tes kepribadian, tes inteligensi (yang nanti akan menghasilkan IQ), kecepatan dalam menghitung dan menggambar.

8. Penampilan, pakailah pakaian yang rapih dan sopan. bisa menggunakan kemeja, celana bahan, rok, atau bisa tambahkan. Dasi atau sweater maupun blazer. Yang penting rapih, bersih tidak kebesaran atau kekecilan. Rambut disisir rapi dan aroma tubuh juga harus jauh dari kata 'bau tidak sedap'. Sama hal dengan aroma nafas, lamanya menunggu interview kadang suka tidak bisa ditebak, kadang cepat kadang lama sekali karena antreannya panjang. Meskipun sudah dipersiapkan dirumah sudah pakai mouthwash, jangan lupa untuk tetap sedia permen dan air putih untuk menjaga mulutmu tetap segar. Kemudian pada saat wawancara jangan lupa tersenyum dan just sit and relax. Itu semua akan berpengaruh dengan jawabanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...